Iklan-iklan berisi pembodohan di televisi Indonesia

Iklan-iklan berisi pembodohan di televisi Indonesia



1. XL 14th anniversary versus " I Love Ibu "

Sinopsis : Seseorang anak digambarkan lagi loncat-loncat di depan suatu rack yang berisi banyak barang, termasuk juga barang pecah iris, berupaya untuk mengambil suatu bola. Sang ibu yang tengah asyik nelpon terlihat tak perduli serta cuma sekali memperingati anaknya. Si anak pada akhirnya mengambil crayon serta buku gambar. Ibu yang masih tetap repot dengan HP nya (mungkin saja bisa telpon dari presiden maka dari itu utama banget sepertinya. Mungkin saja lho...) cuma menolong buka-buku gambar anaknya dengan 1 tangan sembari selalu asyik ketawa-ketawa, tak perduli pada apa yang dikerjakan anaknya. Nampak slogan " nelpon enjoy... biarlah anak bermain " (atau seperti tersebut kurang lebih).

Pembodohan : Ibu hilang ingatan! Anak loncat-loncat, bahkan juga hampir manjat rack diisi beberapa barang, dia cuek saja, repot nelpon. Apa yang diinginkan sama iklan ini? Ingin melukiskan jika ibu-ibu yang cuek sama anaknya lantaran keasikan nelpon itu baik? Inget, tidak ada anak nyemplung di air mendidih, jatuh dari lantai atas, ketabrak mobil, dan lain-lain lantaran ortunya repot dengan HP?


2. Biore

Sinopsis : Seseorang cewek yang sesungguhnya cantik, dengan baju ala grunge, bebaju lapis flanel dengan kaus juga sebagai dalaman, celana jeans serta berkacamata tidak tipis, terlihat bingung. Ia lalu memotong rambutnya, ganti pakaiannya dengan baju yang lebih " girlie " berwarna pink, copot kacamata (tak tahu pakai contact lens atau mendadak jadi buta untuk style). Ia lalu mandi dengan Biore trus jalan-jalan dengan rekan-temannya, terlihat bahagia serta tak akan bingung. Slogannya, " sukanya jadi diri sendiri ".

Pembodohan : Slogan yang ironis... di iklan itu digambarkan bahwa bergaya grunge, berkacamata tidak tipis, sedikit cuek, itu " tidak bagus ". Kamu, beberapa wanita, mesti nampak dengan style standard yang ngikutin mode, " girlie ", baju pink supaya di terima dalam pergaulan. Bagaimana ingin jadi diri sendiri jika begini?


3. Beberapa produk perawatan rambut (hampir seluruhnya!)

Pembodohan : cermati iklan-iklan perawatan rambut. Ada berapakah yang menghadirkan perempuan-perempuan memiliki rambut keriting? Jikalau ada, bermakna saya mesti lbh kerap meratiin iklan. Iklan perawatan rambut berkampanye bahwa rambut yang bagus itu yaitu rambut lurus. Lantas bagaimanakah dgn, umpamanya, saudari-saudari kita dari Papua? Apa mereka mesti ngelurusin rambut agar " cantik "?


4. Beberapa produk perawatan kulit

Pembodohan : Situasinya hampir sama juga dengan iklan perawatan rambut, iklan-iklan perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yang cantik itu yaitu kulit yang putih. Putihnya juga mesti mulus seperti tembok, tidak bisa ada titik hitam atau jerawat sebintik juga. Walau sebenarnya kulit orang melayu kan memanglah tak ada yang putih namun sawo masak yang bermakna coklat. Jerawat juga, sepanjang belum jadi infeksi, yaitu hal lumrah di daerah tropis seperti Indonesia. Sama juga dengan pertanyaan diatas : bagaimanakah dengan saudari-saudari dari Papua yang berkulit hitam? tak adakah orang Papua yang cantik bila demikian? Atau saudari-saudari kita yang lantaran kelainan hormonal berjerawat banyak? Tidak cantikkah dia?


5. Teangin Cap Badak
Sinopsis : Seseorang dokter cantik nan terkenal tengah berikan kuliah atau ceramah perihal masuk angin. Mendadak seseorang peserta kuliah terlihat kuyu serta lemas. Sang dokter segera memberi Teangin Cap Badak untuk menyembuhkan masuk angin si peserta. Mendadak orang itu, seseorang wanita, bersendawa keras sekali, disambut tawa rekan-temannya. Iklan ditutup dengan bunyi sendawa lagi.

Pembodohan : Sendawa asal-asalan, sama juga dengan kentut, yaitu rutinitas yang menjijikkan. Iklan ini mengkampanyekan bahwa sendawa asal-asalan itu tidak cuma normal, namun bahkan juga lucu.


6. Seluruhnya iklan sepeda motor

Pembodohan : Satu hal yang dibanggakan oleh seluruhnya iklan motor yaitu jago ngebut. Tampak dari slogan-slogannya, ada yang " yang lain semakin ketinggalan " atau " ***** makin paling depan ". Bahkan juga ada yang pakai pembalap internasional juga sebagai model, ada yang digambarkan bila motornya melalui, kebanyakan orang kocar-kacir, pakaiannya sobek-sobek, yang bawa motor sampai melayang-layang karena sangat cepatnya ngebut. Ini dengan cara sadar atau tak, mengajak ingindara motor untuk kebut-kebutan, tidak tau ketentuan, nyetir seperti valentino Rossi lagi balapan. Walau sebenarnya jalanan di negeri ini tidak sangat mungkin karenanya. Tidakkah tambah baik jika kampanye teratur jalan raya saja?


7. Rexona

Sinopsis : 2 orang cewek cakep lagi naik mobil. Mendadak bannya pecah. Mereka turun dari mobil, namun bukannya berupaya ubah ban, jadi berupaya minta tolong beberapa orang yang melalui lewat cara angkat tangan tinggi-tinggi. Cewek yang 1 keteknya hitam. Dia malu-malu angkat tangan. Cewek yang lain keteknya putih (dibikin pakai potosop). Dia dapat angkat tangan dengan sepenuh hati. Mengakibatkan banyak mobil berhenti serta pengemudinya, seluruhnya laki-laki bberebut untuk membantu.

Pembodohan : Di iklan ini dikampanyekan bahwa cewek tidak harus dapat ubah ban sendiri. Gunakanlah kecantikan anda untuk minta pertolongan, lantaran kebanyakan orang mau menolong cewek cantik (jika buruk, tunggu dulu!). Walau sebenarnya bukannya golongan wanita lagi repot berjuang untuk persamaan? Bagaimana ingin bicara persamaan jika ubah ban saja tidak dapat?!

Sumber : http :// www. kaskus. us/showthread. php? t=5492914

wdcfawqafwef