Mahluk-mahluk mitologi dalam kepercayaan umat Hindu

Mahluk-mahluk mitologi dalam kepercayaan umat Hindu



Barong

Barong yaitu ciri-ciri dalam mitologi Bali. Ia yaitu raja dari roh-roh dan melambangkan kebaikan. Ia adalah musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah yaitu roh yang mengikuti seseorang anak dalam kehidupannya. Banas Pati Rajah dipercayai juga sebagai roh yang menggerakkan Barong. Juga sebagai roh pelindung, Barong kerap dipertunjukkan juga sebagai seekor singa. Tarian tradisional di Bali yang melukiskan pertempuran pada Barong serta Rangda sangat populer serta kerap dipertunjukkan juga sebagai atraksi wisata. Barong singa yaitu salah satu dari lima bentuk Barong.

Jatayu

Jatayu yaitu tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana, putera dari Sang Aruna serta keponakan dari Sang Garuda. Ia adalah saudara Sempati. Ia yaitu seekor burung yang lihat bagaimanakah Dewi Sita diculik oleh Rahwana. Ia berupaya melawan namun kalah bertarung serta pada akhirnya mati. Namun saat belum mati serta masih tetap sekarat masih tetap dapat melaporkan pada Sri Rama bahwa Dewi Sita istrinya diculik.

Airawata

Dalam mitologi Hindu, Airawata yaitu nama seekor gajah putih, wahana Dewa Indra. Airawata adalah putera dari Irawati, salah satu puteri Daksa. Dalam mitologi Hindu kerap digambarkan bahwa Airawata ditunggangi oleh Indra yang membawa senjata Bajra, sembari membasmi makhluk jahat. Menurut mitologi Hindu, Airawata adalah salah satu gajah penjaga alam semesta. Ia dikira juga sebagai pemimpin beberapa gajah.

Asura

Asura dalam ajaran agama Hindu yaitu bangsa Daitya, kadang-kadang disamakan dengan rakshasa atau makhluk yang jahat. Mereka mempunyai karakter negatif, yaitu memusuhi beberapa Dewa. Walau sekian, sebagian Asura adalah Dewa.

Detya

Dalam bhs Sanskerta, kata Detya dengan cara harfiah bermakna " keturunan Diti. " Dalam mitologi Hindu, Detya yaitu sejenis makhluk jahat sebangsa raksasa, keturunan Diti serta Bhagawan Kasyapa. Beberapa Detya kerap bertikai dengan beberapa Aditya, atau beberapa dewa, walau mereka adalah saudara seayah. Detya yang populer yaitu Hiranyaksa, Hiranyakasipu, serta Mahabali. Kadang-kadang, mereka juga dimaksud Asura.

Kinnara

Kinnara yaitu makhluk surgawi berwujud 1/2 manusia 1/2 burung. Mereka pintar memainkan alat-alat musik, seperti Vina atau Kecapi. Kinnara wanita dimaksud Kinnaris. Kinnaris berwujud wanita cantik dari kepala hingga pinggang, tetapi sisi badan ke bawah berwujud angsa. Mereka pintar bersyair, memainkan alat musik, serta menari.

Makara

Makara dalam mitologi Hindu, yaitu makhluk yang berwujud ikan berkepala gajah, seperti yang kerap dilukiskan serta dipahatkan dalam candi-candi di Indonesia, terutama di Bali serta Jawa. Orang Bali menyebutnya gajahmina, yang dengan cara harfiah bermakna " ikan gajah ". Kadang-kadang Makara dilukiskan juga sebagai makhluk berwujud separuh kambing serta separuh ikan seperti lambang Kaprikornus dalam zodiak.

wdcfawqafwef