Mesjid-mesjid unik yang ada di Indonesia

Mesjid-mesjid unik yang ada di Indonesia



Masjid An Nurumi

Masjid An Nurumi adalah masjid kecil di pinggir jalan Jogja-Solo dengan arsitektur cukup unik. Kubah atapnya serupa bangunan di Moscow, Russia. Kubahnya berupa aneh serta berwarna-warni. Mesjid ini di kenal dengan juga nama Masjid Kremlin. Ada pula yang menjuluki Masjid Permen, karena kubahnya warna-warni serupa permen lolipop.

Masjid Bawah Tanah Tamansari

Masjid Taman sari terdapat dibawah tanah kompleks Taman Sari Jogjakarta. Masjid Tamansari di bangun pada paruh pertama era lantas. Masjid ini mempunyai arsitektur yang unik. Masjid bawah tanah ini terdiri atas dua lantai berupa bulat dengan rongga- rongga jendela dibagian luarnya. Lantai bawah digunakan untuk jamaah wanita, lantai atas untuk jamaah pria. Tangga dari lantai bawah menuju ke lantai atas terdapat di tengah-tengah lingkaran. Diluar itu ada suatu kolam kecil berupa bulat di dalam masjid dan tangga yang melintang di atasnya.

Masjid Cipari

Masjid Cipari atau A-Syuro, yaitu salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Bentuk bangunan mesjid ini cukup unik lantaran serupa bangunan gereja dengan bentuk bangunannya yang memanjang dengan pintu paling utama persis ditengah-tengah terlihat muka bangunan, juga kehadiran menaranya yang terdapat di ujung bangunan persis di atas pintu paling utama. Masjid Cipari ini dapat mempunyai histori perjuangan, lantaran dulu dipakai juga sebagai basis perjuangan rakyat serta tentara.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus dimaksud sebagai mesjid Al Aqsa serta Mesjid Al Manar yaitu mesjid yang di bangun oleh Sunan Kudus. Kekhasan dari bangunan masjid ini yaitu menara berupa candi bercorak Hindu Majapahit. Bentuk arsitekturalnya yang sangatlah khas untuk suatu menara masjid tersebut yang membuatnya demikian menakjubkan. Kekhasan yang lain, mesjid ini di bangun dengan memakai batu dari Baitul Maqdis dari Palestina juga sebagai batu pertama. Mesjid ini terdapat di kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho ada di Jalan Gading, Kota Surabaya. Mesjid ini terdaftar di Museum Rekor Indonesia (MURI) juga sebagai salah satu masjid terunik. Bangunan mesjid ini tak berupa seperti mesjid biasanya lantaran di buat dengan arsitektur khas Tiongkok. Bentuk bangunan ini serupa Masjid Niu Jie di Beijing yang berumur kian lebih 100 th..

Masjid Perahu

Masjid yang terdapat di suatu gang kecil yang terapit oleh Apartemen Casablanca, Jakarta ini aslinya bernama Al Munada Darrusalam. Mesjid ini lebih di kenal juga sebagai masjid perahu lantaran di samping masjid itu ada bangunan beton yang melukiskan suatu perahu raksasa. Bangunan berupa perahu itu digunakan juga sebagai tempat wudhu untuk golongan muslimat, sesaat untuk golongan muslimin ada pada segi yang tidak sama. Satu kekhasan yang tidak dipunyai oleh masjid-masjid yang lain.

Masjid Pintu Seribu

Masjid Nurul Meyakini atau lebih di kenal dengan sebutan masjid Sewu (seribu) mempunyai kekhasan sendiri dibanding dengan masjid yang lain lantaran mesjid ini mempunyai seribu pintu. Masjid seribu ini jadi salah satu tempat paling menarik untuk wisatawan. Tidak cuma wisatawan lokal namun wisatawan asing. Mesjid ini terdapat di Kp. Bayur Tangerang.

wdcfawqafwef